Sejak pertama kali muncul di tahun 2017, Cerita Instagram telah menjadi bagian penting dari strategi pemasaran Instagram kamu. Bahkan, menurut The State of Instagram Marketing 2018 , 64% bisnis berencana untuk membuat lebih banyak Cerita Instagram di tahun 2018.

Jadi apa yang menjelaskan kesuksesan besar Instagram Stories? Sebagian berkaitan dengan semakin populernya video singkat. Semakin banyak bisnis yang melihat manfaatnya dalam menciptakan konten video durasi pendek, apakah itu menyenangkan dan ringan atau lebih fokus pada bisnis.

Berikut cara menggunakan Cerita Instagram untuk bisnis :

Seberapa Sering Posting di Cerita Instagram

Berbeda dengan kasus untuk posting Instagram biasa, Instagram tidak akan menghukum karena memposting terlalu banyak Cerita Instagram dan itu semua ada hubungannya dengan sifat singkat dari Cerita Instagram.

Karena Instagram Stories hanya hidup selama 24 jam (atau selamanya jika kamu membaginya sebagai Sorotan Instagram Stories), tidak ada banyak tekanan bagi Instagram untuk memprioritaskan beberapa posting yang lain pada feed pengguna. Tentu saja, itu tidak berarti bahwa Cerita Instagram tidak terpengaruh oleh algoritma Instagram. Hanya saja frekuensi yang kamu posting sepertinya tidak berdampak banyak pada berapa banyak orang yang akan melihat Cerita Instagram kamu.

Tetapi jika kamu memposting berton-ton cerita setiap hari, ada kemungkinan bahwa beberapa pengikut kamu akan membisukan akun kamu. Bukan berarti memposting banyak Cerita Instagram adalah hal yang buruk. Kembali lagi pada konten kamu dan apa yang pengikut kamu harapkan. Beberapa akun dapat lolos memposting 10+ cerita sehari, sementara yang lain lebih baik memposting hanya beberapa kali seminggu.

Diperlukan banyak waktu dan manajemen untuk membuat 10+ Cerita Instagram, jadi lebih baik tetap membuat beberapa cerita per minggu. Dan jika kamu secara konsisten memposting banyak cerita , maka pengikutnya sangat berharap akan Cerita Instagram kamu. Pada akhirnya, benar-benar tidak ada frekuensi “optimal” untuk cerita, tetapi bagus untuk memilikinya sepanjang minggu sehingga orang tidak bosan dengan konten Anda.

Kapan Posting di Cerita Instagram

Karena Instagram Stories hidup selama maksimum 24 jam (sekali lagi, itu hanya jika mereka tidak dibagikan sebagai highlight), ketika kamu memposting cerita, pengikut kamu memiliki waktu 24 jam untuk melihatnya di bagian feed mereka.

Jadi, jika kamu memposting cerita di saat sebagian besar pengikut kamu tertidur, mereka masih dapat menemukan cerita kamu di bagian feed mereka ketika mereka sudah bangun. Dengan kata lain, jangan terlalu menekankan tentang memposting Cerita Instagram kamu pada waktu optimal … Kecuali jika kamu mencari keterlibatan langsung, dalam hal ini memposting ketika pengikut kamu paling aktif pasti akan membantu.

Apa yang Posting di Cerita Instagram

Seperti dengan posting biasa, jika kamu menggunakan Cerita Instagram untuk bisnis, ada baiknya memposting konten yang informatif, menyenangkan, dan promosi.

Instagram Stories adalah tempat yang cukup santai secara umum, dan standar kualitasnya jauh lebih rendah daripada untuk posting biasa. Jadi jangan takut memamerkan sisi konyol kamu.

Hal yang hebat tentang Instagram Stories adalah karena mereka telah menciptakan begitu banyak alat keren. Kamu bisa menjadi sekreatif yang kamu suka, dan hal yang berlaku sama untuk konten promosi di Cerita Instagram. Sangat mudah untuk berbagi konten promosi yang juga menyenangkan.

Dalam hal apa pun, sangat penting untuk melacak analitik Cerita Cerita kamu untuk melihat jenis konten yang paling ditanggapi oleh audiens. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, ketika cerita kamu mendapat banyak pandangan dan keterlibatan, ini menandakan algoritma yang kamu buat merupakan konten berkualitas tinggi, sehingga Cerita Instagram kamu kedepannya akan muncul lebih tinggi di antrian cerita pengikut kamu.

Jadi, dengan membuat konten Cerita Instagram yang hebat dan disukai pengikutmu, maka kamu memiliki peluang yang lebih baik untuk membuat cerita dimasa depan agar dilihat oleh lebih banyak orang.

Fitur Cerita Instagram Yang Sempurna untuk Bisnis

Dalam hal menggunakan Cerita Instagram untuk bisnis dan pemasaran Instagram, ada beberapa fitur yang dapat kamu manfaatkan untuk mendapatkan hasil maksimal:

# 1: Lokasi dan Stiker Hashtag

Ketika Instagram pertama kali memperkenalkan stiker ke Instagram Stories pada 2017, mereka jauh lebih menyenangkan daripada berguna .

Sejak saat itu, Instagram telah menambahkan banyak fungsi baru ke stiker , termasuk kemampuan untuk melihat cerita berbasis lokasi di halaman Jelajahi, dan, yang terbaru, kemampuan untuk mencari cerita berdasarkan lokasi dan tagar.

Fitur ini telah membuat perbedaan besar untuk bisnis. Padahal pada awalnya kamu hanya bisa berbagi Cerita Instagram dengan pengikut Anda sendiri, fitur-fitur baru ini memungkinkan siapa saja untuk melihat Cerita Instagram kamu

Misalnya, jika kamu memposting cerita dari sebuah restoran di Brooklyn, kamu dapat menandai lokasi dengan stiker, dan cerita kamu mungkin muncul di Cerita Instagram lokasi itu.

Hal yang sama berlaku untuk stiker hashtag. Ketika seorang pengguna menandai tagar di Cerita Instagram mereka, itu akan muncul di halaman tagar yang sesuai.

# 2: Tautan yang Dapat Diklik

Instagram baru-baru ini meluncurkan kemampuan untuk menambahkan tautan ke Cerita Instagram dan ini adalah hal yang cukup besar. Bahkan, ini adalah pertama kalinya pengguna dapat menambahkan tautan ke Instagram yang bukan tautan di bio mereka.

Tak perlu dikatakan bahwa kemampuan untuk mengirim pengikut kamu ke halaman arahan tertentu dari cerita kamu sangat berguna untuk pemasaran Instagram. Baik itu halaman produk atau posting blog baru, kamu dapat menggunakan fitur ini untuk mengarahkan lalu lintas Instagram ke semua jenis halaman arahan yang relevan.

# 3: Tandai Akun Lain

Kita semua tahu betapa efektifnya kontes Instagram untuk mendorong keterlibatan dan mendapatkan pengikut baru, dan dengan kemampuan untuk menandai akun lain di Cerita Instagram, masih ada cara lain untuk mengarahkan lalu lintas ke kontes kamu.

Memberi tag pada akun lain dalam cerita kamu juga berguna jika kamu menjalankan promosi pengambilalihan atau influencer.

# 4: Beri Tag Bisnis di Cerita Instagram Sponsor Kamu

Berbicara tentang influencer, fitur kemitraan baru di Instagram membuatnya sangat mudah untuk menandai bisnis di Cerita Instagram yang kamu sponsori. Hanya segelintir selebritas, influencer, dan bisnis yang telah diberi akses ke fitur sejauh ini, tetapi peluncuran skala yang lebih besar diharapkan dalam beberapa bulan ke depan.

Kamu dapat mempelajari lebih lanjut tentang fitur dan pengungkapan secara umum secara pribadi.

# 5: Polls & Emoji Sliders

Pernahkah kamu ngin mensurvei audiens Instagram kamu tentang minat, kesukaan, ketidaksukaan mereka, dan lainnya? Nah, sekarang kamu bisa.

Instagram baru-baru ini meluncurkan stiker jajak pendapat interaktif baru di Instagram Stories yang memungkinkan kamu mengajukan pertanyaan dan melihat hasil dari pengikut kamusaat mereka memilih.

Hal yang hebat tentang stiker jajak pendapat adalah bahwa ada begitu banyak kegunaan untuk bisnis.

Apakah kamu ingin mengumpulkan umpan balik tentang produk kamu, ide-ide crowdsource, atau hanya menghibur pengikut Anda, stiker jajak pendapat menawarkan cara yang sama sekali baru untuk terlibat dengan audiens Instagram kamu.

Tidak yakin bagaimana cara menggunakan jajak pendapat Instagram Stories untuk bisnis kamu?

# 6: Stiker Pertanyaan

Tidak seperti stiker polling dan slider emoji , keduanya memungkinkan pengguna untuk “memilih” pada pertanyaan yang kamu kirim, ketika kamu menambahkan stiker pertanyaan ke cerita Instagram, pengguna lain mengirimkan pertanyaan untuk kamu jawab.

Apakah kamu ingin mengumpulkan umpan balik tentang produk kamu atau ide crowdsource, stiker pertanyaan menawarkan cara yang baru untuk terlibat dengan audiens Instagram kamu.

# 7: Stiker Hitung Mundur

Sekarang ketika kamu berbagi cerita tentang sesuatu yang akan datang (seperti penjualan di dalam toko, peluncuran produk, atau acara), kamu dapat menambahkan stiker yang menghitung mundur ke tanggal dan waktu yang kamu tetapkan.

Apakah kamu ingin mempromosikan penjualan, acara, atau sesuatu yang lain, kemampuan untuk membagikan hitungan mundur pada cerita kamu yang dapat diingatkan oleh pengikut kamu adalah cara yang bagus untuk menghasilkan hasil yang lebih baik.

# 8: Stiker GIF

Pada 2017, Instagram bekerja sama dengan GIPHY untuk membangun perpustakaan GIF berkualitas tinggi di Cerita Instagram. Sekarang kamu dapat menambahkan stiker GIF yang menyenangkan dan ekspresif ke foto atau video apa pun dalam cerita kamu.

Menambahkan GIF di Cerita Instagram itu mudah, saat kamu mengetuk untuk menambahkan stiker ke foto atau video dalam cerita, sekarang kamu akan melihat opsi GIF baru. Ketuk dan kamu akan menemukan perpustakaan yang penuh dengan ratusan ribu stiker bergerak yang ditenagai oleh GIPHY.

Menggunakan fitur ini dengan cara yang konsisten dapat menambah satu ton kepribadian ke Cerita Instagram kamu . Kamu bisa mendapatkan tutorial Instagram selangkah demi selangkah tentang cara menambahkan GIF ke Cerita Instagram. 

# 9: Replay Video Langsung Instagram

Sebelum pembaruan terbaru, video Instagram Live tidak dapat diputar ulang atau dibagikan setelah siaran. Dan sementara “tontonan terbatas” ini pasti menciptakan perasaan urgensi bagi orang untuk mendengarkan, ada banyak nilai untuk dapat membagikan video langsung kamu pasca-siaran. Bahkan, fitur baru ini bisa menjadikan Instagram Live sebesar Facebook Live.

Setelah video Instagram Live kamu berakhir, kamu dapat membagikannya kembali. Tetapi seperti foto dan video lain yang kamu bagikan ke Cerita Instagram, pemutaran ulang video langsung akan hilang setelah 24 jam.

# 10: Sorotan Cerita Instagram

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya Sorotan Cerita Instagram adalah tambahan yang sangat berharga untuk profil bisnis Instagram karena memungkinkan dengan mudah membuat dan menampilkan konten yang ingin dilihat oleh pengguna terlebih dahulu.

Tidak seperti Cerita Instagram biasa yang hilang setelah 24 jam, Sorotan Cerita Instagram adalah klip yang dikuratori yang dapat dikelompokkan berdasarkan tema atau topik dan tinggal secara permanen di profil kamu hingga kamu menghapusnya. Mereka muncul langsung di bawah bio dan di atas feed Instagram kamu dan akan bermain sebagai cerita ketika seseorang mengetuknya.

# 11: Bagikan Video IGTV dan Posting Instagram

Tahukah bahwa kamu dapat berbagi pos IGTV dan Instagram dalam cerita juga?

Posting atau video IGTV yang dibagikan ke Instagram Stories akan menampilkan nama pengguna poster asli, memungkinkan pengguna mengetuknya untuk melihat posting asli :

Dengan semakin banyak pengguna mengalihkan perhatian mereka ke Cerita Instagram, pengguna telah menggunakan cerita untuk mempromosikan posting dan video IGTV mereka. Sekarang, alih-alih menyertakan tangkapan layar dari umpan mereka ke cerita, pengguna dapat dengan mudah berbagi pos dengan fitur berbagi ulang yang baru.

Cara Menggunakan Cerita Instagram untuk Bisnis

Menggunakan Cerita Instagram untuk bisnis sekarang menjadi bagian penting dari setiap strategi pemasaran Instagram, dan dapat membantu Anda mendorong keterlibatan, berinteraksi dengan pelanggan, dan menunjukkan produk Anda dalam aksi.

Karena itu, mungkin sulit untuk menemukan ide untuk Cerita Instagram dan memutuskan apa yang akan dikirim. Butuh inspirasi? Berikut adalah empat cara bisnis menggunakan Instagram Stories untuk bisnis:

# 1: Promosikan Produk dan / atau Layanan Kamu

Kemajuan “tapping” alami dari Instagram Stories menjadikannya tempat yang bagus untuk membangun antisipasi di sekitar produk dan / atau layanan baru.

Yang harus kamu lakukan adalah mengisi cerita kamu dengan foto-foto dari satu produk di setiap sudut, pada orang yang berbeda, atau di lingkungan yang berbeda, dan kemudian tekan pengikut kamu dengan kode promo atau ajakan bertindak di akhir.

Jika kamu memiliki kemampuan untuk menambahkan link ke Stories Instagram kamu, ini adalah tempat besar untuk melakukannya.

# 2: Bangun Komunitas yang Lebih Terlibat

Seperti dengan posting biasa, jika kamu menggunakan Cerita Instagram untuk bisnis, ada baiknya untuk memposting campuran konten yang menyenangkan, ringan, dan konten promosi.

Instagram Stories adalah tempat yang cukup santai, jadi jangan takut memposting sesuatu yang konyol: video pendek tentang hewan, kantor kamu atau gambar tim kamu untuk pasca-kerja.

# 3: Jalankan Pengambilalihan Cerita Instagram

Cara mudah untuk mengaktifkannya di Instagram Stories kamu adalah dengan mengambil alih Instagram Stories atau mengundang seseorang untuk menjadi host cerita kamu.

Memiliki segmen tamu reguler adalah cara yang luar biasa untuk menghadirkan variasi dan konsistensi dalam menggunakan Cerita Instagram untuk bisnis. Untuk mencobanya dengan bisnis kamu sendiri : kamu dapat memilih seseorang dari perusahaan untuk kisah “sehari dalam kehidupan”, atau kamu dapat bermitra dengan bisnis lain di industri kamu untuk bertukar cerita untuk hari itu. Ini akan membantu memvariasikan konten dan membuat pelanggan kamu kembali lagi.

Cara Merencanakan dan Menjadwalkan Cerita Instagram Anda untuk Bisnis

Posting secara teratur di Cerita Instagram adalah kunci untuk membangun audiens dan meningkatkan pandangan kamu, dan dapat merencanakan ceritamu seperti merencanakan posting sosial lainnya di kalender konten kamu.

Merencanakan baik konten feed Instagram reguler bersama dengan Cerita Instagram akan membantu kamu menjaga hal-hal yang kohesif dan jelas.

Cara yang bagus untuk memulai adalah membuat storyboard cepat dari kisah Instagram kamu untuk memastikannya tetap berlanjut. Dengan menguraikan awal, tengah, dan akhir cerita, kamu dapat memastikan untuk mencakup semua poin penting, sambil tetap memastikan semuanya mengalir secara alami.

Cara Menjadwalkan Cerita Instagram :

1. Mulailah dengan menyeret & menjatuhkan cerita kamu ke alat storyboard, dan kemudian atur ulang cerita agar sesuai dengan urutan dan tampilan yang kamu inginkan. Kamu juga dapat dengan mudah memotong dan mengubah ukuran gambar agar sesuai dengan rasio Instagram Stories 9:16.

2. Selanjutnya, kamu dapat menambahkan tautan atau keterangan pada cerita terjadwal, yang akan disalin ke ponsel kamu ketika saatnya dikirim. Ini membantu kamu mengarahkan lebih banyak lalu lintas dan penjualan dengan meluangkan waktu untuk menulis teks dan CTA yang menarik dari desktop kamu.

3. Selanjutnya, jadwalkan Cerita Instagram kamu dengan memilih waktu dan tanggal dari menu drop-down di samping tombol Save Story.

4. Saat tiba waktunya untuk mengirim, kamu akan menerima pemberitahuan di ponselmu. Dan begitu membuka notifikasi, cerita kamu akan diunduh ke ponsel dan teks atau tautan yang disalin ke clipboard kamu, membuatnya mudah untuk memposting Cerita Instagram dalam hitungan detik.

Menjadwalkan Cerita Instagram adalah salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan bisnis kamu di Instagram pada tahun 2019 ini.

Featured Client